Kenalan Dengan Berbagai Jenis Game Online

Kenalan Dengan Berbagai Jenis Game Online

Mobile Legend, PUBG, Call of Duty, siapa yang tidak mengenal nama-nama game yang memiliki banyak peminat tersebut? Memang saat ini game online diminati oleh berbagai kalangan usia, mulai dari anak-anak, remaja hingga para orang tua. Bermain game online seolah sudah menjadi candu bagi para gamers.

Sebenarnya apa yang membuat game online begitu banyak peminatnya dan hingga terkadang seseorang melupakan pekerjaan karena begitu asyik bermain game? Mungkin ada sensasi tersendiri yang dirasakan oleh gamers ketika bermain suatu permainan online

Seperti yang kita ketahui bahwa yang namanya game online adalah permainan yang membutuhkan koneksi internet untuk bisa memainkannya. Namun ada sesuatu yang menarik saat bermain game online yakni Anda bisa bermain bersama ribuan bahkan jutaan orang di berbagai negara dan saling terhubung tanpa bertatap muka secara langsung. Sebagian besar orang menganggap hal ini sangat menantang. Itulah sebabnya game sangat laku di kalangan pengguna komputer atau gadget.

Dan yang lebih menariknya lagi, dari game online bisa menjadi ladang untuk bisnis, loh! Jika Anda benar-benar mahir dalam memainkan game tersebut, peluang itu bisa Anda gunakan. Ini adalah alasan lainnya mengapa game online begitu digemari oleh berbagai kalangan. Selain bisa mengusir rasa bosan, game juga bermanfaat bagi finansial Anda.

Nah, sebelum menjadi seorang gamers sejati, Anda perlu mengetahui bahwa game online tidak hanya terdiri dari satu jenis saja, ternyata banyak sekali jenis game dan masing-masing memiliki penggemarnya sendiri. Anda dapat memilih permainan sesuai dengan genre kesukaan, misalnya petualangan atau battle royale.

Kali ini kita akan mengulas satu persatu genre dari game online yang sangat laku keras di pasaran dunia gaming.


1. First Person Shooter (FPS)

First Person Shooter atau dikenal dengan FPS merupakan jenis game online yang bergenre tembak menembak dengan sudut pandang orang pertama. Dalam permainan ini, Anda bisa memilih sendiri karakter yang diinginkan. Karena setiap karakter memiliki kemampuan yang berbeda dalam menembak. 

Dalam game online ini, Anda tidak diperkenankan bermain sendiri, butuh dua atau lebih orang untuk menjadi lawan Anda. meskipun Anda tidak bisa bertatap muka dengan lawan secara langsung. Biasanya game dengan genre ini, memiliki misi untuk melumpuhkan penjahat atau tim lain. Contoh dari game FPS adalah Duke Nuke 3D, Point Blank, Quake Blood dan Perfect Dark.


2. Real Time Strategies (RTS)

Merasa tidak asing dengan istilah tersebut? Real Time Strategies atau RTS adalah jenis game yang mengusung konsep peperangan yang biasanya menuntut pemainnya untuk mengatur strategi yang baik untuk memenangkan suatu permainan. Pada game tersebut Anda berperan sebagai pemain yang harus mampu mengelola sebuah negara atau tim yang Anda pilih, baik dari SDM, SDA, perekonomian hingga pemerintahannya.

Di game ini Anda diharapkan tidak salah mengambil keputusan yang bijak agar negara yang Anda kelola bisa lebih maju dari sebelumnya. Setiap keputusan yang diambil akan menentukan bagaimana negara atau tim yang Anda pimpin. Contoh game RTS adalah Age of Empire, Rise of Nation dan Warcraft.


3. Role Playing Game (RPG) 

Genre game RPG adalah jenis game online yang memiliki berbagai karakter khayalan yang tentu hanya ada di dalam dongeng. Para pecinta game ini juga bisa memilih karakter sendiri sesuai dengan yang ingin dimainkan, sama halnya seperti FPS. Permainan online ini dikatakan dapat berhasil jika Anda mampu mengikuti alur cerita dengan baik dan bisa memerankan karakter tersebut dengan baik.

RPG terbagi menjadi dua jenis yang dikenal di dunia gaming. Pertama Live Action Role Playing (LARP) dan Massively Multiplayer Online Role Game Playing (MMORPG). Contoh dari game online ini adalah The Rings Online, Final Fantasy dan Ragnarok.


4. Life Simulation Game

Jenis game online ini adalah permainan yang memiliki karakter yang bisa melakukan kegiatan-kegiatan yang biasa dilakukan manusia di kehidupan sehari-hari. Pada game ini, Anda harus bisa mengendalikan karakternya untuk melakukan kegiatan yang manusia lakukan di kehidupan nyata, misalnya bekerja, berinteraksi, belanja.

Dalam Life Simulation Game, Anda memiliki lawan main dari komputer yang berbeda dan mungkin saja berperan sebagai tetangga di dunia virtual tersebut. Agar bisa menguasai permainan ini, cobalah untuk melakukan kegiatan karakter sesuai dengan perintah yang dilakukan. 

Contoh dari jenis game online ini adalah The Sims dan Second Life.


5. Vehicle Simulation

Vehicle Simulation merupakan game yang menuntut pemainnya untuk bisa mengoperasikan kendaraan. Baik kendaraan darat, laut maupun air, seperti versi yang asli. Secara tidak langsung gamers harus mengerti kendaraan pada versi aslinya agar bisa mengoperasikan kendaraannya dengan baik. Contoh dari game ini adalah Flight Gear dan Orbiter.


6. Game Aksi (Action)

Game jenis ini membutuhkan ketangkasan dari pemainnya. Tentunya sensitivitas dan daya reflek juga dibutuhkan agar karakter yang dimainkan bisa menang dalam arena permainan. Game ini juga dilengkapi dengan misi yang harus dicapai. 

Dalam menjalankan sebuah misi, Anda disuguhi berbagai rintangan yang harus dilewati. Tidak sampai di situ saja, Anda harus mengalahkan musuh dan menyelamatkan karakter yang Anda mainkan. 


7. Game Petualangan

Jenis game petualangan biasanya karakter diminta untuk memecahkan suatu misteri atau kasus, ada juga misi yang harus dicapai. Sensasi berpetualang secara real akan terasa saat memainkan game online ini. Jadi bagi Anda yang suka petualangan, cobalah bermain jenis permainan online ini. 


8. Game Aksi Petualangan

Game aksi petualangan biasanya mengharuskan pemainnya untuk memerankan sebuah tokoh karakter yang sedang mengungkap suatu misteri dan mencari solusi atas masalah yang dihadapi.

Dalam proses bertualang, pemain juga harus bisa melakukan aksi untuk menyelesaikan berbagai rintangan yang biasa dikemas dengan bentuk teka-teki. Beberapa game yang termasuk dalam genre ini adalah Tomb Rider dan Indiana Jones.